7 Makanan ini Sangat Mendukung Program Hamil Anda

Rumah Dosen - Selain Anda harus memperhatikan kesehatan reproduksi, Anda juga wajib memperhatikan suplai nutrisi yang masuk dalam tubuh. Konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi sangat dibutuhkan bagi Anda yang sedang menjalani program hamil.

Rumah Dosen - Makanan yang baik untuk program hamil sumber gambar: tribunnews.com

Makanan yang Anda konsumsi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keseimbangan hormon yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesuburan sistem reproduksi.

Berikut ini kami sajikan untuk Anda, beberapa jenis makanan yang kami rekomendasikan guna mendukung program kehamilan Anda.

Baca Juga :  7 Cara Ampuh Atasi Mual saat Hamil

1. Telur


Rumah Dosen - Telur baik untuk program hamil sumber gambar: google.com

Telur merupakan sumber protein yang mudah dan murah untuk didapat. Telur juga memiliki berbagai kandungan vitamin seperti vitamin A, D serta beberapa vitamin B kompleks.

Selain itu, asam folat juga terkandung didalam telur. Fungsi dari asam folat ini adalah untuk mencegah cacat pada otak serta cacat pada sumsum tulang belakang bagi janin.

2. Minyak zaitun


Rumah Dosen - Miyak zaitun baik untuk program hamilsumber gambar: google.com

Minyak zaitun memiliki kandungan asam oleat yang baik untuk kesehatan jantung. Sudah banyak hasil penelitian  yang membuktikan bahwa dengan mengonsumsi minyak zaitun extra virgin dengan rutin mampu menurunkan risiko terkena kardiovaskular sekitar 48%.

Kandungan Omega 3 juga terdapat di dalamnya. Omega 3 ini berguna untuk meningkatkan pembentukan jaringan saraf pada janin saat janin berusia trimester ketiga.

3. Sayur-sayuran berwarna hijau


Rumah Dosen - Sayuran hijau baik untuk program hamilsumber gambar: google.com

Sayuran berwarna hijau seperti brokoli, bayam, selada dan lainnya mempunyai banyak kandungan asam folat dan zat besi.

Zat besi memiliki peranan penting untuk siklus menstruasi serta mendukung ovulasi. Selain itu, zat besi juga berfungsi untuk menyehatkan perkembangan ovum.

Kandungan serat pada sayuran juga bisa membantu mencegah Anda dari masalah konstipasi (susah buang air besar) dan wasir yang mana dua masalah ini sering sekali dialami oleh ibu hamil.

Baca Juga :  7 Hal ini Sebaiknya Anda Hindari Saat Hamil Muda

4. Ikan


Rumah Dosen - Daging ikan baik untuk program hamilsumber ambar: google.com

Ikan memiliki kandungan yang tinggi akan DHA (docosahexaenoic acid) yang merupakan salah satu jenis asam lemak omega 3. DHA memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan sistem saraf, mata, dan otak si janin.

Hasil studi telah menunjukkan bahwa suplai DHA yang cukup saat hamil mampu menurunkan risiko ibu hamil terkena preeklamsia.

Ikan salmon, sarden, tuna, dan lele merupakan beberapa contoh jenis ikan yang banyak mengandung omega 3 yang bisa Anda pilih.

5. Daging


Rumah Dosen - Daging baik untuk program hamilsumber gambar: google.com

Baik daging ayam maupun daging sapi merupakan sumber protein dan zat besi yang baik untuk tubuh. Protein diperlukan oleh tubuh di antaranya untuk sumber tenaga, membangun daya tahan tubuh serta memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Kaitannya dalam proses kehamilan, protein dibutuhkan untuk energi bagi tumbuh kembang sel dan jaringan baru.

Kandungan zat besinya dapat membantu dalam proses pembentukan serta produksi sel-sel darah merah guna meningkatkan suplai oksigen bagi ibu dan janin.

6. Yogurt


Rumah Dosen - Yogurt yang bagus bagi ibu hamilsumber gambar: google.com

Yogurt merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang pada janin.

Selain itu, mengonsumsi kalsium juga bisa membantu Anda dalam menyerap nutrisi penting bagi tulang sehingga Anda dapat terhindar dari osteoporosis. Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan kalsium pada masa kehamilan dapat berakibat timbulnya masalah pada kesehatan tulang dan gigi.

Kandungan probiotik juga terdapat pada yogurt. Probiotik atau mikroorganisme ini sangat baik guna melancarkan proses metabolisme.

7. Alpukat


Rumah Dosen - Alpukat baik untuk program hamilsumber gambar: google.com

Vitamin B1, B2, B5, B6, C, E, dan K serta asam folat banyak terkandung dalam buah alpukat. Dan tahukah Anda, semua kandungan tersebut merupakan vitamin dan nutrisi yang sangat penting bagi Anda dan juga untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Asam folat yang terdapat pada buah alpukat memiliki peranan penting dalam proses pengembangan organ tubuh bayi. Selain itu, dapat mencegah penyakit spina bifida pada janin. Tahukan Anda apa itu Spina bifida ? Spina bifida merupakan cacat lahir akibat dari terganggunya pembentukan tabung saraf selama bayi dalam kandungan.

Vitamin C yang ada dalam alpukat berfungsi untuk mengatasi morning sickness atau mual di pagi hari yang biasanya terjadi saat hamil muda atau pada trimester pertama.

Nah itulah 7 makanan yang baik untuk Anda konsumsi selama program hamil. Kami doakan semoga program hamil Anda berjalan dengan baik dan lekas dikaruniai momongan ya Bun. Aamiin.

Jangan lupa share atau bagikan info penting ini kepada saudara Anda yang lain dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jika Anda tertarik dengan konten-konten di blog kami, Anda dapat berlangganan notifikasi arikel kami dengan cara subcribe kami melalui kolom NEWSLETTER.

Terimakasih dan salam berbagi !

Baca juga artikel-artikel berikut :
   •  Tips-Tips Penting Saat Ibu Hamil Ibu Hamil Wajib Tahu
   •  Ketahui Posisi Tidur Terbaik Saat Ibu Hamil
   •  Manfaat Buah Kesemek untuk Program Kehamilan


Demikianlah Artikel 7 Makanan ini Sangat Mendukung Program Hamil Anda

Sekianlah artikel 7 Makanan ini Sangat Mendukung Program Hamil Anda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel 7 Makanan ini Sangat Mendukung Program Hamil Anda dengan alamat link https://rumahdosen.blogspot.com/2020/03/7-makanan-ini-sangat-mendukung-program-hamil-anda.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel